Kamis, 27 Oktober 2011

ASAL USUL DUSUN GONDANGREJO, Desa Cakru Kecamatan Kencong JEMBER


Nama dusun Gondangrejo semula adalah Gondanggrowok. Nama Gondanggrowok ini berasal dari pohon Gondang yang krowok (berlubang). Bekas pohon Gondang yang berlubang ini saat ini terletak di bagian belakang rumah Pak Yusuf (mantan bayan Gondangrejo). Menurut cerita turun temurun, pohon gondang yang krowok tersebut secara mistis dihuni oleh macan loreng[1].

        Pohon Dan Buah Gondang (Ficus variegate Bl)
Pohon Gondang (Ficus variegata Bl ) yang tumbuh pada tanah basah atau berair. Pohon Gondang adalah jenis pohon dengan ciri akar nafas. Buahnya yang menempel di batang pohon, bisa dirujak atau dijadikan bumbu masak. Akar tanaman ini, konon bisa untuk obat anti racun.
Pada perkembangan selanjutnya, wilayah Gondang Growok ini banyak dihuni oleh masyarakat. Masyarakat di sini dari hari semakin hari semakin rejo alias sejahtera. Sehingga dari ini berganti nama dari Gondanggrowok menjadi Gondangrejo.
Masyarakat Gondangrejo sebagian besar adalah suku Jawa. Mereka berasal dari Jawa Tengah, diantaranya dari Solo dan Yogyakarta. Perpindahan penduduk ke Gondangrejo yang berasal dari Jawa Tengah terjadi tatkala jaman grodokan di wilayah Jawa Tengah[2]. (Disusun Oleh Y. Setiyo Hadi / Mas Yopi)



[1] Wawancara dengan Sugianto, Kepala Dusun Gondangrejo, tanggal 25 Oktober 2011.
[2] Wawancara dengan Sugianto, Kepala Dusun Gondangrejo, tanggal 25 Oktober 2011.  Sugianto menceritakan tentang asal usul buyutnya yang bernama Buyut Saiman. Buyut Saiman ini merupakan Prajurit Mataram datang ke Gondangrejo berdasarkan petuah ayahnya agar pergi ke Jember Pojok Kidul Kulon (Selatan Bagian Barat). Semula tinggal di Sukoreno, namun setelah tahu masih ada bagian pojok kidul, yaitu wilayah Gondangrejo, Buyut Saiman pindah ke Gondangrejo.

1 komentar:

  1. Saya sendiri orang Gondangrejo baru tahu sejarah lebih detil di sini...


    Terima kasih
    arosyid.jember@gmail.com

    http://www.klikabadi.com?id=bisnisoke
    http://xbisnisonlinex.blogspot.com

    BalasHapus