Kamis, 29 September 2011

KALI TANGGUL : SUMBER PENGAIRAN LAHAN PERTANIAN KENCONG DAN SEKITARNYA

KALI TANGGUL SAAT MUSIM KEMARAU
Ada dua sungai yang menjadi sumber pengairan bagi lahan pertanian di Kencong sekitarnya, yaitu: Kali Tanggul dan Sungai Bondoyudo. Kali Tanggul dikenal sebagai nama sungai yang mengalir dari utara mulai Kecamatan Tanggul sampai ke selatan menuju Pantai Selatan Samudera Indonesia.

Kali Tanggul secara alami membagi wilayah Kencong menjadi dua. Di sebelah timur aliran sungai ini dikenal sebagai Kencong Timur. Sedangkan sebelah barat aliran sungai ini dikenal sebagai Kencong Barat.

Kali Tanggul merupakan sungai semi alamia dan semi buatan. Mengapa dikatakan demikian? Karena sungai ini pada awalnya adalah sungai alam yang kapasitas kecil, karena kebijakan irigasi pemerintah Hindia Belanda maka digali dan dipelebar pada awal abad 20 (tahun 1900-an).

Penggalian dan pelebaran Kali Tanggul bersamaan dengan Pembangunan Dam Pondokwaluh. Dam Pondokwalu berfungsi membagi aliran Kali Tanggul menjadi dua, yaitu kearah timur untuk pengairan lahan pertanian di wilayah Kecamatan Umbulsari - Gumukmas-Puger dan kearah selatan untuk pengairan lahan pertanian Kecamatan Kencong.

Penggalian dan pelebaran Kali Tanggul dan Pembangunan Dam Pondokwaluh menyisakan kisah historis tentang perpindahan penduduk dari luar Kencong menuju Kencong. Pekerja yang didatangkan untuk melakukan proyek ini didatangkan oleh pihak Kompeni (untuk menyebut pemerintah Hindia Belanda) dari daerah Trenggalek sekitarnya yang merupakan Kaum Perantaian (untuk menyebut tahanan).

Sekitar Aliran Kali Tanggul Ditanami Jagung saat Musim Kemarau

Kaum Perantaian ini dipekerjakan secara paksa untuk menggali dan melebarkan Kali Tanggul dan Membangun Dam Pondowaluh. Sisa tempat tahanan mereka ada didekat Dam Pondokwaluh yang dikenal sebagai Perantaian (tempat tahanan).

Bagi Kaum Perantaian yang meninggal sebagian besar dikuburkan di Komplek Kuburan Galek. Disebut Kuburan Galek karena sebagian besar dari mereka yang dikuburkan disini adalah orang perantaian dari Trenggalek.

Aliran sungai Kali Tanggul sangat bermanfaat bagi pengairan di wilayah Kabupaten Jember Bagian Selatan. Terutama ditunjang dengan keberadaan Dam Pondokwaluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar